Bambooland Workshop 2017

Bambooland berarti tanah berbambu. Berarti pula kampung bambu. Satu rumpun bambu mampu menampung 2.000 – 5.000 liter air yang bisa menjaga tanah di sekelilingnya basah dan berembung, yang bisa membuat tanah tetap subur, yang bisa menghidupi warga petani di sekitarnya. Bambooland digagas untuk menjaga interrelasi itu–kolaborasi antara akademisi (UII), perusahaan (Bambubos), dan masyarakat untuk memuliakan bambu agar bermanfaat bagi lingkungan, ekonomi, dan sosial-budaya. Bambooland akan menjadi pusat belajar bambu di Yogyakarta dan Indonesia dengan dilengkapi beragam contoh kontruksi bambu, instalasi, hamparan rumpun bambu alami, kebun bibit, bamboo tracking, dan bamboo bike park. Tak lupa pula ada Bamboo Ranger yang siap menjaga dan memanen bambu secara berkelanjutan

The Australia Global Alumni, Universitas Islam Indonesia, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UIN Surabaya) , dan Bambooland Indonesia didukung oleh Pemkab Sleman, Ikatan Arsitek Indonesia D.I. Yogyakarta, Bambubos Yogyakarta and Asosiasi Bambu Sleman sebagai co-host mengadakan workshop bertajuk  “Social Enterprise of Bambooland: Maximizing the Role of Rural Communities towards Sustainable Economic Creative” yang berlangsung dari tanggal 29 Juli – 10 Agustus 2017 di Dusun Ngepring, Desa Purwobinangun, Sleman. 

kegiatan tersebut didukung dan didanai oleh The Australian Global Alumni melalui skema “alumni grant scheme” “Australia Awards Indonesia” yang bertujuan untuk memaksimalkan peran masyarakat pedesaan dalam mengembangkan dan memaksimalkan potensi tanaman bambu secara mulia & lebih beradab. 

Berbagai kegiatan yang diadakan meliputi : Bamboo Community Coaching, Bamboo Blind Craft training, Bamboo Box Craft training, Bamboo Construction training, Bamboo Ranger, Bamboo Trekking, Bamboo Tunnel, Bamboo Forest Bamboo games. berbagai kegiatan tersebut didukung dalam rangka pengembangan Bambooland dengan pelibatan pamong desa, tokoh masyarakat & organisasi kemasyarakatan, dan masyarakat sekitar secara umum. selain itu juga turut dilibatkan para ahli di bidang UMKM, Kesehatan Masyarakat, Arsitek / Perencana, Pakar perbambuan & perkayuan, dll untuk mendukung tujuan & keberhasilan proyek Bambooland.

Disarikan dari FB : Jajang Agus Sonjaya

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *