Karang Taruna Desa Brosot  Adu Prestasi di Tingkat DIY

Desa Brosot, kecamatan galur kabupaten Kulon Progo selain dikenal sebagai desa budaya ternyata juga memiliki potensi organisasi kepemudaan yang kiprahnya mampu mengharumkan nama desa. Berbagai program yang digagas karang taruna ini terbukti memberikan manfaat nyata & dampak positif bagi sekitar. Berbagai kegiatan di bidang sosial, budaya, olahraga, kesenian, kewirausahaan, dan pendidikan jadi ajang pembuktian eksistensi Karang Taruna membangun desa. tak salah jika kemudian Karang Taruna Tunas Karang Kemuning mewakili Kulon Progo dalam perhelatan lomba Karang Taruna berprestasi tingkat DIY.

Sebelum mewakili kabupaten Kulon Progo, Karang Taruna Tunas Karang Kemuning terlebih dahulu menjalani proses seleksi di tingkat kabupaten (21/02/2018). Mulai dari kelengkapan administrasi sampai penilaian program – program kerja karang taruna tunas karang kemuning yang dipresentasikan oleh Satria Prakastiwi, Ketua Karang Taruna Tunas Karang Kemuning.

Ketua Tim penilai dari Kabupaten Kulon Progo, Kasdiyono menyampaikan apresiasi kepada tunas karang kemuning yang sudah berani tampil menunjukkan kualitas & kapasitas dalam mengelola berbagai kegiatan kepemudaan yang berdampak positif ke masyarakat. “kita ingin pemuda berdaya & berkarya melalui Karang Taruna, di Karang Taruna Tunas Karang Kemuning ini saya melihat potensi itu, “ujar Kasdiyono.

setelah dinyatakan lolos di tingkat kabupaten, Karang Taruna Tunas Karang Kemuning akhirnya melaju di tingkat propinsi mewakili kabupaten kulon progo. Torehan prestasi gemilang tersebut tentu memberikan semangat yang menumbuhkan harapan Karang Taruna Tunas Karang Kemuning bisa berprestasi di tingkat DIY.

Penilaian lomba karang taruna berprestasi tingkat DIY dilakukan dengan kunjungan lapangan ke desa Brosot pada senin (16/04/2018). Bertajuk “Pemuda Mandiri Membangun Desa” penyambutan Tim Penilai dilakukan di kompleks balai desa Brosot dengan terlebih dahulu ditampilkan kirab prajurit bregada yang membawa panji – panji karang taruna beserta rombongan tukang becak dari halaman kecamatan Galur sampai balai desa Brosot, selain itu juga turut ditampilkan tarian angguk, tarian cupu manik, rebana al hidayah dan lainnya.

“Semua potensi lokal kita siapkan untuk menuju nasional, banyak prestasi yang diraih Karang Taruna Tunas Karang Kemuning, dukungan dari karang taruna-karang taruna dusun se desa Brosot menjadi salah satu kekuatan Karang taruna Tunas Karang Kemuning untuk maju nantinya,” ujar Satria Prakastiwi. 

Beberapa program unggulan Karang Taruna Tunas Karang Kemuning diantaranya produksi panganan khas kulon progo “Geblek” sebagai salah satu bagian dari UEP (Usaha Ekonomi Produktif), Penyelenggaraan SSB (Sekolah Sepak Bola) untuk pembinaan bibit pemain sepak bola di tingkat SD-SMP, Program Karang Kemuning Peduli yaitu program penggalangan donasi untuk para anak sekolah yang kurang mampu,  lansia / janda yang membutuhkan, penyandang disabilitas, serta masyarakat desa Brosot yang membutuhkan, selain itu beberapa program kegiatan lainnya juga terbukti memberikan kontribusi nyata yang dirasakan manfaatnya banyak pihak.

Sementara Kepala Desa Brosot, Yuriyanta, mengaku Karang Taruna Tunas Karang Kemuning telah diakui oleh masyarakat desa Brosot, tak salah jika kemudian Karang Taruna Tunas Karang Kemuning di percaya mewakili Kabupaten Kulonprogo untuk berlomba saling mencari prestasi dengan kabupaten dan kota yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yuriyanta tak mengelak apa bila nantinya Karang Taruna Tunas Karang Kemuning  dipercaya untuk mewakili DIY ditingkat Nasional, pihaknya telah mempersiapkan mental dan berbagai kegiatan yang mendukung jika nantinya Tunas Karang Kemuning lolos mewakili DIY.

“Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan stimulan bagi para pemuda yang aktif didalamnya untuk terus berkarya memberikan sumbangsih pikiran dan tenaga bagi kemajuan desanya, hal ini sesuai dengan AD/ART bahwa Tunas Karang Kemuning mempunyai tugas pokok menyelenggarakan pembinaan generasi muda dan kesejahteraan sosial “ ujar wakil Bupati Kulon Progo drs. H. Sutedjo yang turut hadir dalam agenda penilaian tersebut. Beberapa pejabat lain yang turut hadir diantaranya Camat Kecamatan Galur Latnyana S.Ag. M.M beserta unsur Muspika kecamatan Galur, ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Akhid Nuryati, SE, Staff Ahli Sudarmanto SH, dan beberapa pejabat di lingkungan dinas sosial kabupaten Kulon Progo turut memberikan apresiasi kepada Tunas Karang Kemuning atas prestasi yang telah dicapai. 

Ketua Tim Penilai Lomba Karang Taruna Berprestasi dinas sosial DIY, Sucipto, disela-sela peninjauan lapangan memberi apresiasi pada Karang Taruna Tunas Karang Kemuning, yang ternyata tampil lebih mempesona dari ekspektasinya. Karang Taruna Tunas Karang Kemuning layak untuk menyandang gelar juara ungkapnya. “saya harap tahun Tunas Karang Kemuning mewakili DIY maju di tingkat nasional, ujar Sucipto yang kemudian disambut riuh tepuk tangan. (EY)

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *