Masterplan Padukuhan Ngelosari

Nama : Chessariajeng Merlina

Fakultas/Jurusan : FTSP/Arsitektur

Program KKN :

  1. Masterplan Padukuhan Ngelosari 2016-2026
  2. Desain Gapura Bambu Merdeka

Masterplan Padukuhan Ngelosari 2016-2026

Program pembuatan masterplan Padukuhan Ngelosari dibutuhkan karena berkaitan dengan visi dari padukuhan Ngelosari ingin menjadi central Buah. Selain itu padukuhan Ngelosari memiliki potensi produsen Salak simana SDM nya sudah banyak yang bisa mengolah salak menjadi makanan olahan yang menarik. Masterplan akan dibuat dengan jangka waktu pembangunan 10 tahun (2016-2026) dengan dua jenis masterplan (Agrikultur: Potensi Buah, Wisata Kuliner Olahan Salak). Kebutuhan akan pembaharuan pemetaan Padukuhan Ngelosari pun dibutuhkan untuk mendukung pembuatan masterplan tersebut.

Desain Gapura Bambu Merdeka

Dalam menyongsong Hari Kemerdekaan RI ke-71, Padukuhan Ngelosari ditunjuk sebagai wakil dari Kecamatan Pakem untuk mengikuti lomba Kesemarakan Kemerdekaan HUT RI ke-71 tingkat Kecamatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah. Bersamaan dengan lomba tersebut, lomba Gapura Bambu Merdeka juga diadakan. Program pembuatan gapura dengan bahan baku organic serta kerjasama dari warga local dibutuhkan dan kedua lomba tersebut dapat berlangsung secara beriringan dan dapat menambah semangat masyarakat.

Program ini bertujuan agar semangat gotongroyong yang ada di Dukuh Ngelosari tetap ada dan terus meningkat serta keikutsertaan warga terhadap program-program positif terus berlanjut untuk kemajuan bersama. Pencapaian akhir dari program ini adalah dapat membantu memudahkan pendirian gapura dari segi konstruksi dan pemenuhan akan filosofi dari bentuk dari gapura bamboo tersebut.

20160816_075456Gapura Bambu Merdeka

Peta Ngelosari

Agrikultur Potensi Buah

Kuliner Olahan Salak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *