Ngepring

Rata rata masyarakat didaerah Ngepring berprofesi sebagai Peternah sapi dan kambing, serta menambang pasir. Terdapat juga organisasi masyarakat yang aktif seperti Karang Taruna, Koperasi susu ,PKK, serta kepengurusan pasar Ngepring. Untuk Kuliner warga memanfaatkan tanaman Talas untuk diolah menjadi bebagai macam makanan. Sedangkan untuk kesenian terdapat Jathilan dan Merti Bumi yang diadakan pada hari hari besar dan upacara adat.

G A L L E R Y
Jathilan

Jathilan

Tontonan yang pailng menarik ketika berkunjung ke dusun Ngepring adalah Jathilan dan Merti Bumi. Jathilan merupakan kuda lumping yang diadakan setiap hari hari besar nasional atau daerah untuk menghibur masyarakat. Sedangkan Merti Bumi atau Gunungan adalah suatu kegiatan untuk memperingati hari hari besar dan di peringati dalam bentuk gunungan hasil panen yang dibagikan ke masyarakat.

Olahan Kuliner

Ngepring memiliki banyak talas dan karna itu terdapat berbagai macam olahan talas di dusun ini. Beberapa di antaranya adalah perkedel talas dan srimping.

Gapura Bambu

Kerajinan bambu merupakan kerajinan yang paling populer di Purwobinangun . Tidak terkecuali di Ngeping, beberapa warganya memanfaatkan bambu menjadi anyaman anyaman indah dan bernilai artistik seperti gapura, Tenggok ( Keranjang bambu ), kandang ayam, dan lain lain .

Comments are closed