Pemkab Pacitan Jajaki Kerjasama dengan Sekolah Lurah

Kerjasama yang dikukuhkan antara Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan melalui penandatanganan naskah kerjasama oleh Rektor UII Nandang Sutrisno, SH., M.Hum., LLM., Ph.D. dan Bupati Pacitan Drs. H Indartato, MM., pada tanggal 3 agustus 2017 telah membawa angin segar untuk berbagai bentuk kerjasama antara civitas akademia UII dengan Pemerintah Kabupaten Pacitan.

Pemaparan & Presentasi yang telah dilakukan Sekolah Lurah pada bulan maret 2017 lalu di hadapan para pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten Pacitan ternyata menyisakan antusias & rasa penasaran yang besar. Terdorong untuk melihat secara langsung apa saja proyek pengembangan yang telah dikerjakan sekolah lurah, pada tanggal 29 oktober 2017 kemarin rombongan Pemkab Pacitan di pimpin wakil bupatinya, Yudi Sumbogo mengunjungi salah satu proyek binaan sekolah lurah di Dusun Ngepring, Purwobinangun, Ngemplak, Sleman.

Kunjungan wakil bupati pacitan beserta rombongan ke Bambooland yang merupakan salah satu program binaan Sekolah Lurah tersebut disambut oleh direktur Sekolah Lurah, Yulianto P. Prihatmaji, Rektor UII Nandang Sutrisno, sekretaris daerah kabupaten sleman, serta dari pemerintah desa Purwobinangun. Kunjungan ini sekaligus menandai komitmen Pemkab Pacitan untuk menjalin kerjasama yang lebih strategis dengan sekolah lurah UII.

Dalam agenda studi banding tersebut pemerintah Kabupaten Pacitan yang ingin mengetahui lebih jauh seluk beluk desa binaan Sekolah Lurah beserta sistem & pola pemberdayaannya. Pemaparan mengenai keberagaman potensi desa di pacitan juga disampaikan dalam forum tersebut. Dengan harapan pertukaran informasi di forum tersebut dapat ditindaklanjuti dengan nota kerjasama berkaitan dengan pendampingan sekolah lurah ke beberapa desa di kabupaten Pacitan.

“Kita Sangat tertarik dengan program yang dijalankan oleh Sekolah Lurah, terutama setelah melihat berbagai kemajuan yang ada di bambooland ini, kedepannya kami ingin desa – desa di kabupaten pacitan juga bisa dimunculkan potensinya, mengingat banyak desa kami memiliki keunikan bentang alam dan sumber daya alam yang masih menunggu ditumbuh kembangkan, “terang Wakil Bupati Pacitan Yudi Sumbogo di sela – sela sesi audiensi.

Selanjutnya rektor Univeristas Islam Indonesia, Nandang Sutrisno menyampaikan bahwa program sekolah lurah merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat dari UII sejak tahun 2014.  menyasar para stakeholder desa dengan pelibatan penuh masyarakatnya agar sadar & tanggap terhadap potensi yang dimiliki, sehingga jika potensi yang dimiliki tersebut mampu dikelola secara berkelanjutan & berkemajuan, lahirnya desa – desa mandiri bukan lagi sebuah keniscayaan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *